Program Dinkes
Diposting tanggal: 18 Oktober 2014

Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas pokok melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, perencanaan program dan pelaporan, urusan umum dan kehumasan, kepegawaian, ketatalaksanaan, perlengkapan, dan administrasi keuangan.

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

 Untuk menyelenggarakan tugas pokok, Sekretariat mempunyai fungsi :

a.    Penyiapan bahan perumusan kebijakan perancangan program, administrasi umum dan keuangan.

b.    Penyiapan bahan koordinasi perencanaan program, administrasi umum dan keuangan.

c.    Penyiapan bahan koordinasi penyusunan rencana program, monitoring, evaluasi dan pelaporan.

d.    Penyiapan bahan koordinasi administrasi umum dan kepegawaian, ketatalaksanaan, perlengkapan dan pemeliharaan, hukum dan kehumasan serta pengaduan masyarakat.

e.    Penyiapan bahan koordinasi dan bimbingan koordinasi penyusunan anggaran, perbendaharaan, verifikasi dan akuntansi keuangan.

f.     Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

Kesekretariatan, membawahi :

a.     Sub Bagian Perencanaan Program.

b.     Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

c.     Sub Bagian Keuangan.

Sub Bagian-Sub Bagian masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang dalam melakukan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

Sub Bagian Perencanaan Program mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan koordinasi, penyusunan rencana dan program, monitoring, evaluasi dan pelaporan

Sub Bagian Umum mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan administrasi umum dan kepegawaian, ketatalaksanaan, perlengkapan dan pemeliharaan, hukum dan kehumasan serta pengaduan masyarakat.

Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan koordinasi penyusunan anggaran, perbendaharaan, verifikasi dan akutansi keuangan.

Bidang Sumber Daya Kesehatan

Bidang Sumber Daya Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan, bimbingan, pengendalian, pengembangan teknis pedoman pelaksanaan pemberian jaminan pemeliharaan dan pembiayaan, tenaga dan sarana, farmasi, makanan dan minuman serta alat-alat kesehatan.

Bidang Sumber Daya Kesehatan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok, Bidang Sumber Daya Kesehatan mempunyai fungsi:

a.    Penyiapan bahan koordinasi perencanaan program peningkatan pelaksanaan jaminan pemeliharaan dan pembiayaan kesehatan, bina tenaga dan sarana kesehatan, farmasi makanan dan minuman serta alat kesehatan.

b.    Penyiapan bahan koordinasi perencanaan program peningkatan pelaksanaan jaminan pemeliharaan dan pembiayaan kesehatan, bina tenaga dan sarana kesehatan, farmasi makanan dan minuman serta alat kesehatan;

c.    Penyiapan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis jaminan pemeliharaan  dan pembiayaan kesehatan ;

d.    Penyiapan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis  penyusunan  pedoman peningkatan bina tenaga dan sarana kesehatan ;

e.    Penyiapan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis standar kompetensi farmasi makanan dan minuman serta alat-alat kesehatan;

f.     Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

Bidang Sumber Daya Kesehatan, membawahi :

a.     Seksi Jaminan Kesehatan;

b.     Seksi Tenaga dan Sarana;

c.     Seksi Farmasi, Makanan Minuman dan Alat Kesehatan.

Seksi-seksi sebagaimana dimaksud, masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melakukan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan.

Seksi Jaminan Kesehatan mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan koordinasi, pembinaan, pengendalian, dan bimbingan teknis jaminan pemeliharaan kesehatan serta penerapan standar jaminan kesehatan.

Seksi Tenaga dan Sarana mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan koordinasi, pembinaan, pengendalian, bimbingan teknis penerapan lisensi, sertifikasi, akreditasi tenaga dan sarana kesehatan.

Seksi Farmasi Makanan, Minuman dan Alat Kesehatan mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan koordinasi, pembinaan, pengendalian, bimbingan teknis pengendalian produksi, pengadaan, pendistribusian obat-obatan, kefarmasian, makanan dan minuman, zat adiktif serta alat-alat kesehatan.

Bidang Pelayanan Kesehatan

Bidang Pelayanan Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan, bimbingan, pengendalian pengembangan teknis penyusunan pedoman pelayanan kesehatan dasar, kesehatan rujukan, kesehatan khusus, kesehatan daerah terpencil, perbatasan dan keluarga miskin.

 Bidang Pelayanan Kesehatan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok, Bidang Pelayanan Kesehatan mempunyai fungsi :

a.    Penyiapan bahan perumusan kebijakan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, kesehatan khusus, kesehatan daerah terpencil, perbatasan dan keluarga miskin.

b.    Penyiapan bahan koordinasi perencanaan program pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, kesehatan khusus, kesehatan daerah terpencil, perbatasan dan keluarga miskin.

c.    Penyiapan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian, dan pengaturan teknis penyusunan pedoman pelayanan kesehatan dasar dan rujukan.

d.    Penyiapan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis penyusunan dan penetapan pedoman pelaksanaan standart kesehatan khusus pelayanan kesehatan.

e.    Penyiapan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis penyusunan dan penetapan standar kesehatan daerah terpencil, perbatasan dan keluarga miskin.

f.     Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

Bidang Pelayanan Kesehatan, membawahi :

a.     Seksi Kesehatan Dasar dan Rujukan.

b.     Seksi Kesehatan Khusus.

c.    Seksi Kesehatan Daerah Terpencil, Perbatasan dan Keluarga Miskin.

Seksi-seksi sebagaimana dimaksud  masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melakukan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan.

Seksi Kesehatan Dasar dan Rujukan mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan koordinasi, pembinaan, pengelolaan, dan pengendalian perencanaan pengawasan penerapan standar pelayanan kesehatan khusus.

Seksi Kesehatan Khusus mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan koordinasi pembinaan, pengelolaan, dan pengendalian perencanaan pengawasan penerapan standar pelayanan kesehatan khusus.

Seksi Kesehatan Masyarakat Terpencil, perbatasan dan keluarga miskin mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan koordinasi pembinaan, pengelolaan, dan pengendalian perencanaan pelayanan kesehatan daerah terpencil, perbatasan dan pelayanan kesehatan keluarga miskin.

Bidang Kesehatan Masyarakat

Bidang Kesehatan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan, bimbingan dan pengendalian pengembangan teknis penyusunan kesehatan keluarga, pemberdayaan dan promosi serta kesehatan keluarga, pemberdayaan dan promosi serta kesehatan gizi.

Bidang Kesehatan Masyarakat dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

 Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Bidang Kesehatan Masyarakat mempunyai fungsi :

a.    Penyiapan bahan perumusan kebijakan kesehatan keluarga, pemberdayaan dan promosi kesehatan serta gizi.

b.    Penyiapan bahan koordinasi perencanaan program kesehatan keluarga, pemberdayaan dan promosi kesehatan serta gizi.

c.    Penyiapan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis penyusunan pedoman standar kesehatan keluarga.

d.    Penyiapam bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis peningkatan pemberdayaan dan promosi kesehatan.

e.    Penyiapan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis penyusunan dan penetapan standarisasi kesehatan gizi.

f.     Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

Bidang Kesehatan Masyarakat, membawahi :

a.     Seksi Kesehatan Keluarga.

b.     Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan.

c.     Seksi Gizi.

Seksi-seksi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melakukan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat.

Seksi Kesehatan Keluarga mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan koordinasi, pembinaan, pengelolaan, dan pengendalian perencanaan penerapan standar pelayanan kesehatan keluarga.

Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan koordinasi, pembinaan, pengelolaan, dan pengendalian perencanaan promosi kesehatan dan penggerakan pembangunan kesehatan masyarakat, kemitraan lintas sector serta swasta.

Seksi Gizi mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan perumusan pedoman pelaksanaan, pengkoordinasian pembinaan dan pengawasan dalam penerapan standard dan sertifikasi teknologi pelayanan gizi.

Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan

Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan, bimbingan, pengendalian pemberantasan penyakit, menular dan bencana imunisasi dan kejadian luar biasa (KLB) serta penyehatan lingkungan.

Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok, Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan mempunyai fungsi :

a.    Penyiapan bahan perumusan kebijakan penyakit menular, pengendalian penyakit tidak menular dan bencana serta penyehatan lingkungan.

b.    Penyiapan bahan koordinasi perencanaan program penyakit menular, pengendalian penyakit tidak menular dan bencana serta penyehatan lingkungan.

c.    Penyiapan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis penyusunan pedoman dan standar pemberantasan penyakit menular.

d.    Penyiapan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis penyusunan pedoman dan standar imunisasi dan kejadian luar biasa pemberantasan penyakit tidak menular.

e.    Penyiapan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis penyusunan pedoman dan standar penyehatan lingkungan.

f.     Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, membawahi :

a.     Seksi Pengendalian Penyakit Menular

b.     Seksi Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Bencana

c.     Seksi Penyehatan Lingkungan

Seksi-seksi sebagaimana dimaksud di atas masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melakukan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

Seksi Pengendalian Penyakit Menular mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan perumusan koordinasi, bimbingan, pengendalian serta pengawasan pencegaran dan pemberantasan penyakit.

Seksi Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Bencana mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan koordinasi, bimbingan, pengendalian, pengawasan wabah dan bencana.

Seksi Penyehatan Lingkungan mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan koordinasi, bimbingan, pembinaan teknis operasional dan pengembangan lingkungan serta penyehatan air.

(1)   Unit Pelaksana Teknis, terdiri atas :

a.       Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda)

b.       Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes)

c.       Balai Kesehatan Mata dan Olahraga Masyarakat (BKMOM)

d.       Akademi Keperawatan Prov. Kaltim (Akper)

e.       UPTD Jaminan Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur