Tupoksi
Diposting tanggal: 18 Oktober 2014

Tugas Dinas Kesehatan sebagai salah satu perangkat daerah yaitu membantu Kepala Daerah dalam melaksanakan sebagian urusan pemerintahan daerah bidang kesehatan, Sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur  Nomor 08 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Timur , Kepala Dinas kesehatan bertanggung jawab terhadap tugas pokok dan fungsi penyelenggaraan pelayanan umum di bidang kesehatan.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi serta sebagai upaya pencapaian visi dan misi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Kesehatan selalu berupaya untuk meningkatkan kinerjanya sebagai lembaga kesehatan.  Dalam lima tahun ke depan, Dinas kesehatan memprioritaskan pada peningkatan akses dan mutu pelayanan yang merata dan berkeadilan, serta efisiensi dan efektifitas pengelolaan sumber daya yang dimiliki. Anggaran berbasis kinerja akan menjadi dasar penganggaran, sehingga sasaran dan indikator pencapaian hasil dari program kesehatan dipersiapkan secara jelas dan terukur. Untuk menjawab perubahan lingkungan strategis internal dan eksternal, setiap bidang di lingkungan Dinas kesehatan harus mampu mengantisipasi perubahan multi dimensi dalam menyusun perencanaan dan merumuskan kebijakan  sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing bidang.

 2.1.   TUGAS,  FUNGSI DAN STRUKTUR ORGANISASI DINAS KESEHATAN

2.1.1.    Tugas Pokok Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur mempunyai tugas membantu Gubernur  Kalimantan Timur   dalam melaksanakan sebagian urusan pemerintahan daerah bidang kesehatan berdasarkan azas otonomi, dekonsentrasi dan tugas pembantuan dibidang kesehatan.

2.1.2.     Fungsi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan fungsinya sebagai berikut:

  1. Perumusan kebijakan teknis dibidang kesehatan
  2. Penyelenggaraan sebagian urusan pemerintahan dan pelayanan umum dibidang kesehatan,
  3. Pembinaan dan Pelaksanaan Tugas di bidang kesehatan
  4. Pengaturan , pengawasan dan pemberian perizinan dibidang kesehatan
  5. Pelaksanaan pelayanan tekhnis ketatausahaan Dinas kesehatan
  6. Penyelenggaraan monitoring dan evaluasi di bidang kesehatan
  7. Penyelenggaraan bidang urusan kesehatan meliputi regulasi dan kebijakan kesehatan, bina pelayanan kesehatan, bina penyehatan lingkungan dan pencegahan penyakit, serta sumber daya kesehatan
  8. Pembinaan dan pelaksanaan tugas-tugas kesehatan meliputi regulasi dan kebijakan kesehatan, bina pelayanan kesehatan, bina penyehatan lingkungan dan pencegahan penyakit, serta sumber daya kesehatan;
  9. Penyelenggaraan tugas-tugas kesekretariatan;
  10. Pengkoordinasian dan pembinaan UPTD

Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur  Kalimantan Timur sesuai dengan tugas dan fungsinya.