Visi dan Misi
Diposting tanggal: 31 Mei 2010

VISI DAN MISI

Pembangunan kesehatan di Provinsi Kalimantan Timur  diselenggarakan berlandaskan pada dasar-dasar pembangunan kesehatan, yaitu: perikemanusiaan, pemberdayaan dan kemandirian, adil dan merata. Pembangunan kesehatan tersebut diselenggarakan untuk mencapai visi Kalimantan Timur Sehat untuk menggambarkan kondisi masyarakat Kalimantan Timur di masa depan, yakni masyarakat, bangsa dan negara yang ditandai oleh penduduknya yang hidup dalam lingkungan dengan perilaku sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang setinggi-tingginya di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan  Timur sebagai salah satu dari penyelenggara pembangunan kesehatan mempunyai visi: “Meningkatkan derajat dan mutu kesehatan masyarakat Kalimantan Timur yang merata dan berkeadilan” Tahun 2018

Visi di atas mengandung  beberapa makna:

  1. Masyarakat Kaltim yang sehat, bugar dan produktif.
    1. Kalimantan Timur siap melaksanakan upaya kesehatan yang maksimal ditunjang dengan anggaran yang cukup dan akuntabel.
    2. Mempermudah akses pelayanan kesehatan masyarakat untuk semua agar tercapainya sasaran MDGs pada  tahun 2015 dengan pencapaian diatas rata-rata nasional dan target RPJMD tahun 2018.

Untuk mencapai visi tersebut diatas, maka dipandang perlu untuk menggariskan beberapa misi yang harus dilaksanakan oleh seluruh jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur sebagai berikut :

a)    Menjamin pemeliharaan dan peningkatan  upaya kesehatan yang bermutu, terjangkau dan berkeadilan

b)    Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan membangun kemitraan dengan lintas sektor.

c)    Menjamin ketersediaan sumber daya kesehatan yang memadai dan berkesinambungan.

Guna mewujudkan visi dan misi rencana strategis pembangunan  kesehatan, Dinas  Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menganut dan menjunjung tinggi nilai-nilai yaitu: Pro Rakyat,   Inklusif, Responsif, Efektif dan  Bersih.