Profil
Diposting tanggal: 31 Mei 2010

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA

DINAS KESEHATAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Kurang lebih tahun 1960, dibawah naungan Menteri Kesehatan dibentuklah Inspeksi Kesehatan (IKES) yang di pimpin oleh Dr. TAAN pertama kali di Provinsi Kalimantan Timur.

Seiring dengan waktu dan perkembangan Sistem kepemerintahan Republik Indonesia serta kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat yang mencakup lintas wilayah, maka pada tahun 1976 Menteri Kesehatan memecah (IKES) menjadi dua instansi yaitu Kantor Wilayah Depertemen

Kesehatan yang berada di setiap wilayah masing-masing Provinsi di seluruh Indonesia, dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Kesehatan, sedangkan Instansi yang kedua bertanggung jawab langsung kepada Gubernur dimasing-masing wilayah dan disebut Dinas Kesehatan Tingkat I Provinsi Kalimantan Timur.

Pada tahun 2000 Perubahan Kabinet pemerintah mempengaruhi perubahan fungsi kedua Instansi bidang Kesehatan yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Hilangnya Struktur Menteri Kesehatan dalam kabinet Negara Republik Indonesia membuat perubahan besar terhadap status kepegawaian Kanwil Depkes Provinsi Kaltim. Saat itu Kanwil Depkes dan Dinkes Tk. I Dihapuskan dan dilakukan penggabungan kepegawaiannya, seluruh Status Kepegawaian dua instansi Pusat dan Daerah tersebut diserahkan kepada Gubernur Kalimantan Timur. Sehingga Dibentuklah Instansi bidang kesehatan yang bertanggung jawab langsung kepada Gubernur dan diberi nama Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur hingga saat ini.

Dengan hilangnya Kanwil Depkes Provinsi Kalimantan Timur maka segala urusan serta koordinasi bidang kesehatan menjadi vertikal terhadap Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Sehingga program kerja dan tanggung jawab Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur yang saat ini berada dibawah naungan Gubernur kalimantan Timur bertambah besar terhadap kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Provinsi Kalimantan Timur pada khususnya, serta koordinasi terhadap Kabinet Pemerintah Republik Indonesia melalui Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada umumnya.Sejarah Kepemimpinan Instansi Bidang Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur :

•Dr. Helmi Jafar, DTPH  Periode 1976 s/d 1980    (Dinkes Tk. 1 dan Kanwil Depkes)
•Dr. J.H. Hutagalung, MPH  Periode 1980 s/d 1985  (Dinkes Tk. 1 dan Kanwil Depkes)
•Dr. A. Thantawi  Periode 1985 s/d 1989  (Dinkes Tk. 1)
•Drg. M. Ravii  Periode 1989 s/d 1994  (Dinkes Tk. 1)
•Dr. Awang Yunani  Periode 1994 s/d 1999  (Dinkes Tk. 1)
•Dr. Riduan Masrun   Periode 1999 s/d 2004  (Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim)
•Dr. Sugianto  Periode 2004 s/d 2005  (Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim)
•Dr. H. Andi Majid Nurdin,  Periode 2005 s/d 2007  (Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim)
•H. Sutarnyoto, SKM, MSi.  Periode 2007 s/d 2009  (Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim)
•Dr. H.M Syafak Hanung, Sp.A  Periode 2009 s/d 2012  (Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim)

Dr. Rini Retno Sukesi, M.Kes.  Periode 2012 s/d   (Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim)