Workshop Standar Akreditasi Rumah Sakit KARS Edisi 1

Workshop Standar Akreditasi Rumah Sakit KARS Edisi 1

Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit disebutkan bahwa dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali.

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit KARS merasa perlu untuk meningkatkan mutu standar akreditasi yang sudah digunakan KARS sejak tahun 2012.

Dalam peraturan Menteri Kesehatan nomor 34 tahun 2017 tentang Akreditasi Rumah Sakit yang merupakan pedoman bagi rumah sakit dalam melaksanakan Areditasinya sebagai upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien.

Pada tahun 2017 KARS mereview standar akreditasi versi 2012 dan memperbaiki standar tersebut sehinggga menjadi lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh rumah sakit di Indonesia.

Data tahun 2018 di Kalimantan Timur terdapat 54 Rumah Sakit, yang sudah terakreditasi berjumlah 32 Rumah Sakit terdiri dari 13 Rumah Sakit terakreditasi Paripurna, 4 Rumah Sakit terakreditasi Utama, 1 Rumah Sakit terakreditasi Tingkat Dasar dan 14 Rumah Sakit terakreditasi Perdana sehingga baru 54% yang sudah terakreditasi.

Standar akreditasi tersebut diberlakukan mulai tahun 2018, atas dasar hal tersebut maka Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur dengan KARS perlu menyelenggarakan Workshop Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 dengan harapan agar Rumah Sakit dapat meningkatkan mutu  dan keselamatan pasien secara berkesinambungan ucap Hj. Rini Retno Sukesi pada sambutannya pada acara Workshop tersebut yang dilaksanakan  pada 2/7 di Hotel Grand Victoria yang dihadiri sejumlah 36 orang peserta dari Rumah Sakit Umum Daerah dan Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota se Kalimantan Timur.

.