• Home
  • SDK
  • Workshop Peningkatan Penggunaan Alkes Dalam Negeri dalam Implementasi Instruksi Presiden
Workshop Peningkatan Penggunaan Alkes Dalam Negeri dalam Implementasi Instruksi Presiden

Sambutan Kabid SDK oleh Drs. Asaf Diolo, Apt

Workshop Peningkatan Penggunaan Alat Kesehatan Dalam Negeri dalam Implementasi Instruksi Presiden di laksanakan di Hotel Grand Victoria Samarinda pada tanggal 1 sd 3 Juli 2019. Peserta Workshop ini dari Kabupaten / Kota 18 orang, Fasyankes/PKM sebanyak 35 orang dan dari Dinkes Prov. Kaltim 2 orang. Total Peserta sebanyak 55 orang .Sambutan sekaligus pembukaan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kaltim yg dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang SDK Drs. Asaf, Apt bersama Narasumber dari Ditjen Kefarmasian dan Alkes Kementerian Kesehatan RI Direktur Penilaian Alkes dan PKRT dan Perwakilan ASPAKI.

Paparan Oleh Kepala Bidang SDK Drs. Asaf, Apt yang di moderatori oleh ibu Hj, Umu Choirijah, SKM

Industri alat kesehatan merupakan industri padat karya. Peningkatan industri alat kesehatan akan turut berperan dalam mengurangi tingkat ekonomi yang sangat berdampak terhadap kesehatan masyarakat. Dengan meningkatnya tingkat ekonomi masyarakat maka diharapkan diikuti dengan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan alat kesehatan dalam negeri.Adapun salah satu instruksi untuk Menteri Kesehatan adalah menyusun dan menetapkan rencana aksi untuk pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan.

Untuk meningkatkan industri alat kesehatan dan meningkatkan produk alat kesehatan dalam negeri maka harus dilakukan oleh berbagai pihak dan berbagai sektor terkait.

Paparan Oleh narasumber pusat Bapak drg. R. Edi Setiawan, MKM dan Bapak Deni Herdiana, MKM., Apt yang di moderatori oleh kepala Seksi Farmasi ibu Dra. Aida, Apt

Agar arah pengembangan alat kesehatan dalam negeri dapat berjalan secara sinergis maka perlu dilakukan Workshop Peningkatan Penggunaan Alat Kesehatan Dalam Negeri Dalam Implementasi Instruksi Presiden. Pertemuan ini untuk memberdayakan fasyankes dan masyarakat agar berpartisipasi aktif memprioritaskan alat kesehatan dalam negeri.

Peserta Workshop Peningkatan Alkes Dalam Negeri

Foto Bersama Moderator, Narasumber dan Peserta Workshop Peningkatan Penggunaan Alat Kesehatan Dalam Negeri

 

Penulis : M. Denny Aditiyawarman, SKM

Editor : M. Solikhul Ihsan