Wisuda STIKES Wiyata Husada Samarinda

Wisuda STIKES Wiyata Husada Samarinda yang dilaksanakan pada 22/2 di Swiss BelHotel Samarinda yang dihadiri oleh Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Ketua Yayasan STIKES Wiyata Husada Samarinda, Direktur Wiyata Husada Samarinda beserta jajarannya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda, Para Pimpinan Rumah Sakit se Kota Samarinda, Para Pimpinan Pendidikan Tinggi Tenaga Kesehatan se Kalimantan Timur dan para wisudawan berjalan dengan hidmat.

Pada sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur Hj Rini Retno Sukesi menyampaikan bahwa masyarakat menuntut transparansi pelayanan kesehatan yang berkualitas yang hanya dapat diberikan oleh tenaga tenaga yang berkualitas pula. Dalam rangka pelayanan masyarakat ada 8 (delapan) sektor tenaga kerja yang sudah disepakati dalam MEA salah satunya adalah NURSES oleh karena itu tenaga perawat yang menjadi salah satu tenaga kerja dalam rangka MEA harus memberikan pelayanan keperawatan kepada masyarakat yang memenuhi standart mutu internasional yang dapat menjamin keamanan dan kenyamanan pasien beserta keluarganya.

Meskipun penerapan MEA bidang kesehatan diprediksi membutuhkan waktu yang agak lama karena harmonisasi dan regulasi kompetensi tenaga kesehatan antar Negara ASEAN belum rampung namun diperlukan upaya antisipatif berbagai pihak termasuk pemerintah daerah dan organisasi profesi kesehatan  serta tenaga kesehatan itu sendiri.

Dengan demikian implementasi MEA merupakan peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia khususnya juga bagi perawat di Provinsi Kalimantan Timur,  yang memiliki peluang besar untuk mengisi lapangan pekerjaan yang semakin terbuka luas. Terutama di daerah Kabupaten yang memiliki daerah terpencil, Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan kepada para tenaga kesehatan yang berasal dari daerah tersebut diharapkan dapat kembali membangun dan mengabdi  untuk daerahnya khusus perannya di bidang kesehatan.