RAPAT FORUM GERMAS

Samarina, 20 Februari 2018. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban

Di provinsi Kalimantan Timur sendiri GERMAS telah dicanangkan bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tanggal 12 November 2016. Namun pada tanggal 10 April 2017 dilakukan kegiatan penggerakan massa sekaligus penandatanganan kesepakatan (kerjasama) terkait dengan kegiatan Germas di Provinsi Kalimantan Timur.

Pada tahun 2018, fokus kegiatan dalam Germas adalah membantu untuk menurunkan prevalensi stunting di Indonesia terutama di Provinsi Kalimantan Timur. Menurut Riskesdas 2013, Di Indonesia, sekitar 37% (hampir 9 Juta) anak balita mengalami stunting dan di seluruh dunia, Indonesia adalah negara dengan prevalensi stunting kelima terbesar. Balita/Baduta (Bayi dibawah usia Dua Tahun) yang mengalami stunting akan memiliki tingkat kecerdasan tidak maksimal, menjadikan anak menjadi lebih rentan terhadap penyakit dan di masa depan dapat beresiko pada menurunnya tingkat produktivitas. Pada akhirnya secara luas  stunting akan dapat menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan dan memperlebar ketimpangan.