• Home
  • Berita Terkini
  • Pertemuan Rapat Koordinasi Teknis Terpadu Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019
Pertemuan Rapat Koordinasi Teknis Terpadu Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019

Pertemuan Rapat Koordinasi Teknis Terpadu Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019

Pertemuan Rakontek Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019 yang dilaksanakan di Maratua Kab Berau pada hari Kamis pada tanggal 25 sd 28 April 2019 tersebut dihadiri peserta sejumlah 127 orang terdiri dari Seluruh Kabid di Lingkungan Dinkes Prov Kaltim Kepala seksi terkait di Lingkungan Dinkes Prov Kaltim Kepala Dinas Kesehatan seluruh Kab/Kota, Kepala Bidang Kesmas seluruh Kab/Kota serta Kepala Seksi terkait.

Sambutan dari Ibu Rini Retno Sukesi

Pada kegiatan pertemuan tersebut, Rini Retno Sukesi menyampaikan sambutannya bahwa pelaksanan Rakontek ini bertujuan sebagai forum tingkat provinsi bidang kesehatan dalam melakukan sinkronisasi kegiatan serta monitoring dan evaluasi program kegiatan yang tersusun dalam RAD maupun pencapaian target-target SPM tahun 2019 untuk meningkatkan kinerja capaian indikator prioritas kesehatan yang melibatkan peran pemerintah provinsi dan Kabupaten/kota, lintas sektor (peran organisasi masyarakat,organisasi profesi) serta peran swasta dalam rangka penguatan pelayanan kesehatan menuju Cakupan Masyarakat Semesta.

Sebagai Keynote speaker adalah Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan  dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI  menyampaikan Penguatan Rencana Aksi Daerah (RAD) sebagai Upaya Senergitas Program Kesehatan Menuju Cakupan Kesehatan Semesta, pada akhir penyampaian dr. Asikin Iman Hidayat Dachlan,MHA menyampaikan bahwa Indonesia masih menghadapi tantangan pencegahan dan pengendalian penyakit menular dan tidak menular. Program P2P menjadi salah isu dalam UHC . Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tidak menular dilakukan melalui intervensi  pada penyakit dan faktor Resiko. Diperlukan peran Lintas Program dan llintas sektor untuk mempercepat capaian Program.

Secara khusus Rakontek Terpadu ini bertujuan untuk :

  1. mengevaluasi pelaksanaan Rencana Aksi Kegiatan tahun 2019 yang fokus pada peningkatan kinerja dan pencapaian indikator-indikator prioritas program kesehatan termasuk SPM.
  2. Percepatan pelaksanaan kegiatan pembangunan kesehatan tahun 2019
  3. Terinformasikannya kebijakan dan rencana implementasi program pembangunan kesehatan tahun 2019 dan usulan kegiatan program tahun 2020 adalah paparan, diskusi ; dialog interaktif tentang strategi dalam upaya pencapaian target program-program prioritas kesehatan,dan target Standar Pelayanan Minimal.

Penyerahan penghargaan yang di berikan Ibu Rini Retno Sukesi 

Pada kegiatan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada Dinas Kab Kota tentang Pengelolaan dana alokasi khusus (DAK) terbaik yang diraih oleh Dinas Kabupaten Kutai Kartanegara dan Pengelola Data Sistem Informasi SDMK terbaik diperoleh oleh Dinas Kesehatan Kab Kutai Barat.