Pertemuan Pembekalan dan Pemulangan Peserta PIDI Angkatan I tahun 2018

PIDI  merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, program ini dilaksanakan di RS dan Puskemas yang ditetapkan sebagai  Wahana Internsip. Wahana  wahana tersebut sudah menerima peserta  internsip dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2018.

Pada pertemuan yang dilaksanakan di Balikpapan, 11/2/ 2018, dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, Hj. Rini Retno Sukesi   menyarankan kepada seluruh peserta PIDI agar dapat menjalankan internsip sesuai dengan kebijakan dan peraturan  perundangan yang telah ditetapkan antara lain dalam pengaturan hari libur dan ijin, serta dengan adanya pembekalan peserta dapat menjalankan program internsip sampai dengan waktu yang telah ditentukan dan menghasilkan kompetensi yang lebih baik.

Pertemuan yang  dihadiri Ketua  Komite Internsip Dokter Indonesia Pusat dan Sekretariat PIDI Pusat , Ketua Komite Intersip Dokter Indonesia Prov Kaltim, Sub KIDI Prov Kaltim, Ketua Sekretariat dan anggota PIDI Prov Kaltim, Kepala Dinas Kesehatan Kab Kutai Timur Kab Kutai Kartanegara Kota Bontang dan Kota Balikpapan dilaksanakan juga acara pertemuan pemulangan peserta yang telah selesai melaksanakan program Intership Dokter Indonesia selama 1 ( satu) tahun berjumlah 41 orang, dan yang belum selesai  melaksanakan PIDI jumlah 1 orang karena cuti melahirkan.

Pada pembekalan tersebut peserta diberikan materi tentang kebijakan PIDI, pengenalan profesi IDI, BPJS Ketenagaakerjaan dan pelaksanaan PIDI di Provinsi Kalimantan Timur.

Adapun tujuan program internsip adalah untuk memberikan kesempatan kepada dokter lulusan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) untuk menerapkan Kompetensi yang diperoleh selama pendidikan secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran  dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktek di lapangan.