Pertemuan Monitoring Evaluasi Dana Alokasi Khusus 2018

Pertemuan Monitoring Evaluasi Dana Alokasi Khusus yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur   pada 11/7 di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Mahulu  tersebut  membahas masalah Program Kegiatan Dana Alokasi Khusus.

Sesuai Undang-Undang Nomor 33 tahun 2004 Dana Alokasi Khusus adalah Dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada Daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Daerah yaitu mendanai penyediaan sarana dan prasarana pelayanan dasar publik dan mendorong percepatan pembangunan daerah serta pencapaian sasaran prioritas nasional (bukan prioritas daerah). Dana Alokasi Khusus dibagi menjadi dua, yang pertama DAK Fisik, DAK Fisik dibagi menjadi 3 bagian yaitu 1, DAK Fisik Reguler yaitu dukungan pendanaan pada sebagian besar daerah untuk pecapaian Prioritas Nasional secara Umum kedua DAK Fisik Penugasan yaitu dukungan pendanaan Khusus untuk daerah dengan target khusus pada Prioritas Nasional yang ketiga DAK Fisik Afirmasi yaitu dukungan pendanaan pada daerah tertentu yaitu daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan. Yang kedua DAK Non Fisik yaitu dukungan pendanaan khusus untuk belanja operasional berbasis unit cost.

Pertemuan tersebut merupakan monitoring dan evaluasi  terpadu dengan membahas masalah program kegiatan Dana Alokasi Khusus serta Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan Jaminan Kesehatan Nasional.

Pertemuan Monitoring Evaluasi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan P2 KB Kabupaten Mahulu drg. Agustinus Teguh Santoso, beliau menyampaikan realisasi capaian SPM dan serapan Dana Alokasi Khusus tahun 2017  masih belum memenuhi target. Kegiatan PIS-PK di Puskesmas belum berjalan optimal dan pelaksanaan JKN juga masih mengalami kendala.

Pada kesempatana tersebut H. Andi Muhammad Ishak mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan  harapan agar  program program terpadu tersebut kedepannya dapat dievaluasi sehingga target yang sudah ditetapkan akan tercapai.