• Home
  • Berita Kegiatan
  • Pertemuan Koordinasi Implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga Prov Kaltim
Pertemuan Koordinasi Implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga Prov Kaltim

Pertemuan Koordinasi Implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga digabungkan dengan 2 (dua) kegiatan lain yaitu Pertemuan Review Dana Alokasi Khusus (DAK) di Pelayanan kefarmasian dan  Review Pemutakhiran Data Kefarmasian dan Alat Kesehatan serta Koordinasi LP/LS, Organisasi Profesi dan Mitra terkait lainnya dalam pembinaan peningkatan Kesehatan Keluarga yang diintegrasikan menjadi 1 (satu) dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat melalui peningkatan akses masyarakat terhadap fasilitas kesehatan yang ada di tiga Bidang. 

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari efektif terhitung tanggal 17 s/d 19 Juli 2018 tersebut menghadirkan narasumber dari pusat yaitu dari Pusat Data Informasi, Ditjen Pelayanan Kesehatan, Ditjen Kefarmasian dan Alkes, Ditjen Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI.

Pada Pertemuan yang dihadiri oleh Kabid Yankes, Kabid P2P, koordinator pencatatan pelaporan PIS PK, Sub Bidang Pelayanan Kefarmasian, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Kabupaten/ Kota se Kalimantan Timur tersebut pada sambutannya, Hj. Rini Retno Sukesi menyampaikan tentang Indeks Keluarga Sehat dan menyampaikan harapan agar seluruh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kota tahu dan faham tentang PIS PK terdiri dari 12 Indikator yang menyangkut semua program yang ada di puskesmas juga secara terus menerus melaksanakan monitoring dan bertanggung jawab bersama untuk menyelesaikan masalah sesuai fokus dan lokus agar mendapatkan manfaat yang sebesar besarnya bagi masyarakat, tentu perlunya dukungan seluruh lintas sektor dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Adapun tujuan dari kegiatan yang dihadiri tidak kurang dari 100 (seratus) orang peserta tersebut adalah :

  1. Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan kegiatan pembinaan keluarga sehat di tiap wilayah Kabupaten Kota dalam mendukung program Indonesia sehat dengan Pendekatan Keluarga.
  2. Memudahkan dalam mengimplementasikan kegiatana kegiatan DAK di daerah sehingga tepat sasaran dan tersampaikan kepada masyarakat.
  3. Membeikan pemahaman para pengambil kebijakan di Kab/ Kota terkait indikator kesehatan keluarga.