Pertemuan Advokasi dan Sosialisasi Penyelenggaraan Kab/Kota Sehat Se-Kaltim

Balikpapan 25 Mei 2016, Sebagaimana diketahui bahwa program Kab / Kota Sehat Merupakan salah satu pendekatan pembangunan kesehatan, yang lebih mendorong masyarakat sebagai pelaku utama dalam mewujudkan perbaikan kualitas lingkungan fisik, sosial dan budaya serta ekonomi secara berkesinambungan. Untuk itu maka peran pemerintah diharapkan sebagai fasilitator dan motivator, sedangkan pelaku pembangunan yang sebenarnya adalah masyarakat itu sendiri. Untuk itu diperlukan adanya wadah forum kabupaten / kota sehat yang diharapkan dapat memotifasi dalam penggerakkan masyarakat untuk turut berperan serta dalam pembangunan kesehatan, tidak saja memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada, tetapi yang lebih penting adalah ikut dalam perbaikan kondisi lingkungan fisik, social, budaya dan prilaku masyarakat yang positif bagi kesehatan.

Acara pertemuan ini diadakan di Kota Balikpapan tepatnya di Hotel Sagita pada tanggal 24 - 26 Mei 2016. Pertemuan ini dihadiri oleh 50 Orang peserta yang berasal dari 10 Kabupaten / Kota, terdiri dari Tim Pembina dan Ketua Forum Kota/Kabupaten Kota Sehat serta pengelola program.

Tujuan pertemuan ini yaitu untuk advokasi dan sosialisasi Kabupaten / Kota Sehat, harapannya pertemuan ini dapat memberikan informasi sebesar-besarnya bagi kab/Kota dalam penyelenggaraan Kab/Kota Sehat dan bagi yang telah menyelenggarakan, dapat mengembangkan menjadi semakin baik. Juga dengan hadirnya Narasumber Pusat, diharapkan dapat meyakinkan Kab/Kota yang belum menyelenggarakan untuk dapat termotivasi dan ikut ambil bagian sehingga dapat mewujudkan Provinsi Kalimantan Timur sebagai Provinsi Sehat.(FN)


Materi dapat didownload pada link dibawah ini:

Materi Pertemuan Advokasi dan Sosialisasi Penyelenggaraan Kab/Kota Sehat

 

Sambutan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dr.Balerina JPP, MM

Laporan Oleh Ketua Panitia Bpk. Muhammad Satta, SKM Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinkes Provinsi Kaltim.

Sambutan Oleh Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Drg. Soeharsono Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Prov Kaltim.

Penyampaian Materi dari Narasumber Pusat Kementrian Kesehatan RI. Ibu Dra. Trinaningsih, M.Si

Penyampaian Materi Oleh Bpk. Drs. Haryo dari Bappeda Provinsi Kaltim.

 

Penyampaian Materi oleh Ibu Hj. Lisa Hasliana, M.Si. Biro Bangda Prov. Kaltim dan Bpk. Abu Hasim dari FORKOHAT Bontang.

 

 

Antusias Peserta Pertemuan bertanya kepada Narasumber.