PEMUKTAHIRAN DATA SURVEILANS GIZI KAB/KOTA SE KALTIM

Pemuktahiran Data Surveilans Gizi Kab/Kota Se-Kaltim 

Perbaikan gizi masyarakat sebagaimana disebutkan dalam Undang Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, bertujuan untuk meningkatkan mutu gizi perseorangan dan masyarakat, antara lain melalui perbaikan pola konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi, peningkatan akses dan mutu pelayanan gizi serta kesehatan sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Salah satu upaya perbaikan gizi pada masyarakat, perlu dukungan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkomitmen. Itu sebabnya Dinas Kesehatan Prov. Kaltim menggelar kegiatan Pemutakhiran data surveilans gizi kabupaten/kota Se-Kaltim, Minggu 4-7 Agustus 2019. Kegiatan ini diikuti sebanyak 207 peserta dari sepuluh Kabupaten dan kota di Kaltim.

Paparan Narasumber dari Kemenkes RI

Plt. Kepala Dinkes Kaltim Drs.H. Andi Muhammad Ishak, Apt, M.Si menjelaskan, kegiatan ini merupakan lanjutan komitmen Dinkes Kaltim dari tahun lalu yakni berbasis pada surveilans dan gizi, terutama cara menggunakan elektronik dalam pencatatan pelaporan gizi berbasis masyarakat (Aplikasi E-PPBGM) secara baik dan tepat. "Bagaimana kita mampu menyiapkan diri untuk bisa menghasilkan data yang akurat terkait persoalan gizi di sepuluh kabupaten dan kota ini nantinya," katanya.

Foto bersama Plt. Kepala Dinas, Narasumber, Panitia, dan Peserta Pemuktahiran Data Surveilans Gizi

Tujuan Umum dari kegiatan ini adalah Tersedianya informasi status gizi balita by name by address di seluruh Provinsi Kalimantan Timur sebagai upaya monitoring dan evaluasi program gizi serta dasar perumusan kebijakan untuk rencana intervensi gizi. Informasi yang dihasilkan dapat membantu siklus surveilans gizi, terutama untuk analisis data sistem isyarat dini sebagai evidence based dalam melakukan tindakan/intervensi masalah gizi di suatu wilayah. Saat ini data sasaran balita by name by address yang telah terinput se Kaltim ada sebanyak 145.798 balita dari sasaran proyeksi sebanyak 349.792 balita atau sekitar 41,68 %.

Foto Panitia dan Peserta