Ayo Tambah Pengetahuan Tentang Penyakit Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh berbagai sebab seperti bakteri, virus, proses aoutoimun, obat-obatan, perlemakan, alcohol dan zat berbahaya lainnya.

Hepatitis virus terdiri dari :

  1. Hepatitis A
  2. Hepatitis B
  3. Hepatitis C
  4. Hepatitis D
  5. Hepatitis E

Hepatitis A

Hepatitis A sering terjadi dalam bentuk kejadian luar biasa (KLB) dimana umunya terjadi pencemaran air minum, makanan yang tidak dimasak, makanan yang tercemar,hygiene,sanistasi buruk. Masa Inkubasi 15-50 hari, rata-rata 28-30 hari .

Gejala Klinis :

Gejala yang muncuk bervariasi dari ringan sampai berat berupa demam, lemas, kurang napsu makan, mual, muntah, urine yang berwarna seperti the dan ikterus (warna kuning dapat terlihat di kulit dan mata).

Pengobatan :

Tidak ada pengobatan khusus untuk hepatitis A., pengobatan bersifat simplomatik dan menjaga keseimbangan nutrisi.

Pencegahan :

Karena tidak ada pengobatan khusus dan lamanya masa penyembuhan yang dapat memberikan kerugian ekonomi dan social sehingga tindakan pencegahan lebih diutamakan.

  • Promosi kesehatan tentang sanistasi dan kebersihan perorangan ( sep : cuci tangan pakai sabun dan cara pengolahan makanan yang benar)
  • Pembuangan tinja di jamban yang sanitaser
  • Penyediaan air bersih
  • Imunisasi

 

Hepatitis B

Hepatitis B adalah suatu penyakit infeksi yang menyerang hati dapat bersifat akut dan kronik serta dapat menyebabkan sirosis (penerasaan hati) dan kanker hati.

Cara Penularan :Penularan secara vertical dan horizontal melalui cairan tubuh penderita seperti darah dan produk darah, air liur, cairan serebrospinalis, peritonea, pleural, cairan amniotic, semen, cairan vagina dan cairan tubuh lainnya.

Penularan secara vertical adalah penularan yang terjadi pada masa perinatal yaitu penularan dari ibu kepada anaknya yang baru lahir, jika seorang ibu hamil carier hepatitis B dan HbeAg positif maka bayi yang dilahirkan 90 % kemungkinan terinfeksi dan menjadi carier.

Penularan secara horizontal adalah penularan dari individu pengidap individu lain melalui jarum suntik tidak steril : tattoo.

Masa inkubasi : 45-180 hari dengan rata-rata 60-90 hari.

Gejala klinis : sama dengan hepatitis umumnya berupa kelelahan, kurangnya nafsu makan, mual , muntah, urine yang bewarna lebih pekat.

Pencegahan : dapat dilakukan dengan menghindari factor resiko yaitu mencegah kontak dengan virus, dan pemberian kekebalan melalui imunisasi hepatitis B.

Hepatitis C

Hepatitis C adalah suatu infeksi pada organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis C.

Cara Penularan : kontak dengan darah penderita antara lain melalui penggunaan jarum suntik tidak steril dan dari ibu yang menderita dapat menularkan ke bayi.

Masa inkubasi : 2 minggu sampai 4 bulan, rata-rata 6-9 minggu infeksi kronis dapat berlangsung sampai 20 tahun sebelum timbulnya cirrhosis bahkan sampai hepotema

Gejala klinis : sama dengan gejala hepatits umumnya berupa kelelahan, kurangnya nafsu makan, mual, muntah, urine bewarna lebih pekat

Pencegahan : saat ini tidak tersedia vaksin hepatitis C, jadi pencegahan diutamakan menghindari factor resiko