Beranda » Berita » Percepatan Eliminasi TB/ High Level Meeting (HLM)

Kamis, 07 Desember 2017 - 16:06:47 WIB
Percepatan Eliminasi TB/ High Level Meeting (HLM)
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Terkini - Dibaca: 52 kali

Jakarta 3 Desember 2017

SDGs salah satu indicator dalam bidang kesehatan adalah Eliminasi TB, Malaria dan HIV/AIDS. SDGs diharapkan selesai dan tercapai semua indicator pada tahun 2030.

Untuk mencapai hal tersebut pemerintah juga mempunyai strategi melalui Nawa Cita (Goals Pemerintah) dimana salah satunya yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Pencapaian Goals Pemerintah (Nawa Cita) dan SDGs dituangkan dalam Standar pelayanan Minimal Kesehatan (SPM) yang harus dicapai oleh pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota. Dimana salah satu indicator dalam SPM yaitu indicator no. 11 “Setiap orang dengan TB mendapatkan pelayanan TB sesuai standar”. Senin (4/12) Pungkas Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek di hotel Redtop Hotel & Convention Center Jl. Pacenongan No. 72 Kebun kelapa, Jakarta  dalam Pertemuan Nasional Percepatan Eliminasi TB/ High Level Meeting (HLM)

Dari data yang ada pada kementerian kesehatan yaitu sebanyak 360.000 per tahun kasus TB yang tercacat  sementara perkiraan jumlah kasus baru TB di Indonesia saat ini 1.000.000/tahun jadi masih ada kasus TB yang “hilang” sebanyak 680.000/tahun hal ini merupakan salah satu penyebab penularan TB di masyarakat. TB resisten obat (TB RO) juga merupakan masalah kesehatan di Indonesia, telah tercatat kasus TB RO sebanyak 4.000 kasus/tahun dari target perkiraan kasus sebesar 16.000 kasus/tahun, ini adalah target bersama.

Pada First WHO Global Ministeral Conference Ending TB in theSustainable Development Era : A Multi Sectoral Respone yang dihadiri oleh 75 menteri kesehatan dari 75 negara yang bertujuan memperkuat komitmen semua Negara dalam penanggulangan TB dengan dukungan seluruh sector dan masyarakat menyepakati Deklarasi Moskow yaitu semua Negara akan meningkatkan komitmen dalam penanggulangan TB untuk mencapai Eliminasi TB 20130 menuju Dunia Bebas TB (Ending TB). Dalam mencapai hal tersebut maka Indonesia membuat strategi percepatan Eliminasi TB dengan pendekatan muti sektoral dimana masing-masing lembaga mempunyai peran dan ikut berkonstribusi dalam pencapaian Eliminasi TB 2030. Dilanjutkan dengan penandatangan komitmen percepatan eliminasi TB 2030.




0 Komentar :


Isi Komentar :

CAPTCHA Image   Reload Image