Beranda » Berita » PERTEMUAN KOORDINASI IMPLEMENTASI PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA

Rabu, 26 Juli 2017 - 13:08:55 WIB
PERTEMUAN KOORDINASI IMPLEMENTASI PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Kegiatan - Dibaca: 74 kali

Samarinda - Gambaran kondisi umum pembangunan kesehatan di Indonesia dipaparkan berdasarkan hasil pencapaian program kesehatan, kondisi lingkungan strategis, kependudukan, pendidikan, kemiskinan, dan perkembangan baru lainnya. Upaya-upaya tersebut meliputi upaya kesehatan (kesehatan ibu dan anak, kematian bayi dan balita), gizi masyarakat , penyakit menular, penyakit tidak menular, kesehatan jiwa.

Sasaran dari Program Indonesia Sehat adalah meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan. Sasaran ini sesuai dengan sasaran pokok Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJMN) 2015-2019, yaitu : (1) meningkatnya status kesehatan dan gizi ibu dan anak, (2) meningkatnya pengendalian penyakit, (3) meningkatnya akses dan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan terutama di daerah terpencil, tertinggal dan perbatasan, (4) meningkatnya cakupan pelayanan kesehatan universal melalui Kartu Indonesia Sehat dan kualitas pengelolaan Sistem Jaminan  Sosial Nasional (SJSN) Kesehatan, (5) terpenuhinya kebutuhan tenaga kesehatan, obat dan vaksin, serta (6) meningkatnya responsivitas sistem kesehatan. Ujar Kepala Dinas Kesehatan Prov.Kaltim dr.Rini Retno Sukesi ,M.Kes dalam pertemuan koordinasi implementasi program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga yang dilaksanakan di Hotel Grand tjokro balikpapan. Senin (17/07)

Konsep pendekatan keluarga adalah salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga. Puskesmas tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung, melainkan juga keluar gedung dengan mengunjungi keluarga di wilayah kerjanya. Pendekatan keluarga yang dimaksud merupakan pengembangan dari kunjungan rumah oleh Puskesmas dan perluasan dari Upaya Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas). (iyan/humasdinkes)

 

 




0 Komentar :


Isi Komentar :

CAPTCHA Image   Reload Image