Beranda » Berita » Table Top Exersice (TTX) Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (Mers-Cov) Tahun 2017

Selasa, 06 Juni 2017 - 13:32:46 WIB
Table Top Exersice (TTX) Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (Mers-Cov) Tahun 2017
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Kegiatan - Dibaca: 86 kali

Samarinda -  Indonesia adalaah negara kepulauan dan berbatasan langsung dengan  negara lain dengan lintas manusia yang cukup tinggi. Dengan adanya lintas manusia dan kendaraan/barang yang tinggi tersebut, kemungkinan indonesia tertular penyakit dari negara lain. Demikian juga Kalimantan Timur yang mempunyai pelabuhan dan bandara Nasional maupun internasional, seperti kota Balikpapan, samarinda, Kabapaten paser dan Berau. Selasa (6/6)

Sebagaimana diketahui bahwa saat ini masih terjadi beberapa kasus kedaruratan kesehatan masyarakat, yang salah satunya Mers-Cov di beberapa negara di dunia. Data terakhir kasus mer- cov sampai bulan april 2017 terdapat  1.980 kasus dengan 693 kematian (CFR 35 %) terjangkit di 27 negara yang berada di benua Asia, Eropa, Amerika dan Afrika. Sekitar 80% kasus Mers-cov pada manusia telah dilaporkan dari Arab Saudi. Untuk menangani wabah mers- cov tersebut  perlunya adanya kerja sama antara lintas sektor, Ujar Kepala Dinas Kesehatan Prop.Kaltim Dalam sambutanya di hotel Selyca samarinda dalam Rangka Table Top Excersice (TTX) Kedaruratan Kesehatan Masyarakat.

Dengan kondisi penyebaran penyakit yang demikian, maka propinsi Kalimantan Timur memungkin tertular penyakit tersebut dari negara luar. Hal ini mengingatkan beberapa kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur merupakan daerah perbatasan dengan  provinsi lain. Bahkan negara lain seperti Malaysia selain itu provinsi Kalimantan Timur terdapat bandara dan pelabuhan Internasional yang merupan akses langsung dan mempunyai frekuensi penerbangan yang cukup tinggi.

Dalam rangka antasipasi terhadap keungkinan terjadinya kasus tersebut, pada ahun 2016 telah dilakukan penyusunan rencana kontingensi KKM di kabupaten/kota yaitu Samarinda, Balikpapan dan kabupaten Paser sebagai tindak lanjut dari penyusunan rencana kontingensi tersebut dilakukan Table Top Execrinse agar seluruh insatansi terkait bisa lebih memahami prosedur tindakan yang dilaukakan apabila ada kasus Mers- cov.

Harapannya setelah dilakukan Table Top Excercise ini, kota samarinda lebih siap dalam menghadapi kasus tersebut, sehingga kasus dapat teratasasi dan tidak meluas.




0 Komentar :


Isi Komentar :

CAPTCHA Image   Reload Image